Rabu, 03 Juni 2015

TUGAS DISKUSI KELOMPOK 3-AKUNTANSI BIAYA 2



METODE HARGA POKOK AKTIVITY BASED COSTING

1.      Pengertian sistem ABC
Activity Based Costing adalah metode penentuan harga pokok yang menelusur biaya ke aktivitas, kemudian ke produk. Atau dengan kata lain sistem, ABC dapat diartikan juga sebagai suatu sistem informasi akuntansi yang mengidentifikasi berbagai aktivitas yang dikerjakan dalam suatu organisasi dan mengumpulkan biaya dengan dasar dan sifat yang ada dan perluasan dari aktivitasnya.
2.      Harga Pokok Berdasarkan Sistem ABC
Penerapan ABC sistem akan relevan bila biaya overhead pabrik merupakan biaya yang paling dominan dan multiproduk. Dalam merancang ABC sistem, aktivitas untuk membuat dan menjual produk digolonhkan dalam 4 kelompok, yaitu:
  Facility sustaining activity cost
            biaya yang berkaitan dengan aktivitas mempertahankan kapasitas yang dimiliki perusahaan. Misal biaya depresiasi, biaya asuransi, biaya gaji pegawai kunci
  Product sustaining activity cost
            biaya yang berkaitan dengan aktivitas penelitian dan pengembangan produk dan biaya untuk mempertahankan produk untuk tetap dapat dipasarkan. Misal biaya pengujian produk, biaya desain produk
  Bacth activity cost
            biaya yang berkaitan dengan jumlah bacth produk yang diproduksi. Misal biaya setup mesin.
  Unit level activity cost
            biaya yang berkaitan dengan besar kecilnya jumlah unit produk yang dihasilkan. Misal biaya bahan baku, biaya tenaga kerja.
            Adapun langkah-langkah sistem ABC :
a. Tahap pertama pengelompokan biaya overhead ke dalam kelompok biaya yang homogen. Kelompok biaya homogen merupakan kumpulan overhead yang variasinya dapat dijelaskan oleh satu faktor penyebab (cost driver). Untuk menentukan mana kelompok biaya yang homogen, dapat melihat biaya yang mempunyai rasio konsumsi sama untuk seluruh produk.
b. Tahap kedua alokasi biaya overhead pabrik:
              Alokasi biaya overhead = Tarif kelompok x Dasar pembebanan yang dikonsumsi
3.      Perbandingan Harga Pokok Berdasarkan     Tradisional Dengan Sistem ABC
Perbedaan utama penghitungan harga pokok produk antara akuntansi biaya tradisional dengan ABC adalah jumlah  cost driver (pemicu biaya) yang digunakan dalam metode  ABC lebih banyak dibandingkan dalam sistem akuntansi biaya tradisional.  Perusahaan dapat menggunakan sistem  Activity Based Costing (ABC) untuk  menganalisis aktivitas. Penerapan ABC merupakan inovasi yang salah satunya adalah untuk  mengurangi aktivitas yang tidak memberikan  nilai tambah, menambah nilai tambah kepada produk/jasa yang akan dihasilkan, dan mengeliminasi aktivitas-aktivitas yang tidak sesuai  dengan keinginan pelanggan atau yang tidak menciptakan nilai tambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar